Stabilkan Pasokan Harga Pangan, Dinas Ketapang Padang Lawas Kembali Gelar GPM

PADANG LAWAS – Dalam rangka menjaga Stabilisasi pasokan dan harga Pangan tahun 2024, untuk kesekian kalinya Dinas Ketahanan Pangan (Ketapang) Kabupaten Padang Lawas Gelar Gerakan Pangan Murah (GPM) di Pasar Ujungbatu Kecamatan Sosa, Rabu (12/6/24).

Kepala Dinas Ketapang Padang Lawas Abd Rahman MY MM kepada media menyampaikan bahwa komoditas pangan merupakan salah satu komoditas yang bersifat strategis.

Oleh sebab itu, Rahman beserta staf dan kerjasama dengan Gudang Bulog Hutalombang serta Badan Pangan Nasional (BAPANAS) melaksanakan program Bupati Padang Lawas pada pembangunan ketahanan pangan sebagai salah satu sasaran pembangunan strategis, dalam peningkatan perekonomian dan menjaga stabilisasi harga pangan di Kabupaten Padang Lawas.

Hal ini sesuai dengan surat edaran Menteri Dalam Negeri (Mendagri) nomor 500/4825/SJ tahun 2022 tentang pengendalian inflasi daerah dan keputusan kepala Badan Pangan Nasional (Bapanas) Nomor 5/TS.02.02/K/I/2024 tentang Pedoman Umum Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan Tahun 2024.

“Maka salah satu langkah untuk menekan laju inflasi, Dinas Ketapang Padang Lawas mengadakan Gerakan Pangan Murah (GPM) yang bersumber dari APBD melalui Insentif fiskal tahun 2024,” ujarnya.

Ia menambahkan, pada saat kondisi inflasi, terjadi kenaikan harga bahan pangan pokok strategis yang mempengaruhi daya beli masyarakat.

Hal ini mengurangi keterjangkauan pangan masyarakat terhadap pangan pokok strategis yang tetap harus dipenuhi, agar dapat hidup sehat dan produktif untuk mengatasi dan mengurangi dampak inflasi dan sebagai bagian dari upaya stabilisasi pasokan dan harga pangan, pungkas Rahman.

“Kami dari Dinas Ketahanan Pangan mengimbau kepada masyarakat agar berbelanja sesuai dengan kebutuhan,” tambahnya.

Ia pun berharap dukungan dari semua institusi lingkup Pemkab Padang Lawas serta semua pihak terkait, dalam pelaksanaan program ini di lapangan, tutupnya. (MS)