Iklan Edoy

Rektor UMSU Buka Pengajian Rutin Ramadan 1444 H

MEDAN – Rektor Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) Prof Dr Agussani MAP secara langsung membuka pengajian rutin Ramadan 1444 Hijriyah, Senin (27/3/2023) di Masjid Taqwa UMSU Jalan Muchtar Basri Medan.

Iklan Dedi

Pengajian ramadan rutin dilaksanakan setiap tahun diikuti seluruh civitas akademika UMSU. Pengajian tersebut menghadirkan pemateri dari Muhammadiyah yang berkompeten memberikan ceramah dan kajian singkat.

Pada minggu pertama Ramadan, UMSU menghadirkan Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Sumatera Utara, Prof. Dr. H. Hasyimsyah Nasution, MA sebagai penceramah dengan tema ‘Karakteristik Islam Berkemajuan’.

Iklan Edoy

Rektor UMSU Prof. Agussani, membuka pengajian ramadan dengan mengucapkan basmalah. Pada sambutannya, dia berharap bulan Ramadan tidak menjadi penghalang dalam meningkatkan kualitas pelayanan dan melaksanakan kegiatan-kegiatan tri dharma perguruan tinggi.

“Pengajian ini telah disusun dengan pemateri-pemateri yang ditentukan tentang kajian Al-Islam dan Kemuhammadiyahan yang menjadi pokok pembahasan. Mari kita ramaikan pengajian ramadan yang telah dijadwalkan,” ajak Prof. Agussani.

Sebagai bentuk syukur, Rektor UMSU juga melaporkan bahwa Rumah Sakit Muhammadiyah telah berhasil melaksanakan akreditasi dan memperoleh bintang lima.

Sementara itu, Prof. Hasyim dalam ceramah singkatnya mengatakan bahwa organisasi Muhammadiyah identik dengan karakteristik berkemajuan.

“Oleh karena itu, harus terus mengkaji sampai pada membimbing umat islam dalam kehidupan yang senang dan gembira,” ujarnya.

Menurut Prof Hasyim, setidaknya ada lima karakteristik islam berkemajuan. Disebutkannya, karakteristik islam yang berlandaskan pada tauhid, berlandaskan Al-Qur’an dan As-Sunnah, menghidupkan Ijtihad dan Tajdid, mengembangkan Wasathiyah, serta mewujudkan rahmat bagi seluruh alam.

“Berlaku baiklah dalam segala hal dan memberikan manfaat kepada orang lain. Muhammadiyah ingin memberikan islam berkemajuan yang bermanfaat bagi umat,” tutup Prof. Hasyim.

Pengajian diakhiri dengan sesi tanya jawab oleh Dekan FAI UMSU Dr. Muhammad Qorib, S.Ag., MA dan mahasiswa Teknik UMSU Regi Ramadan.(swisma)

Beri balasan

Alamat email Anda tidak akan ditampilkan.