Iklan Edoy

Studio Internasional USU  Sebagai Pendukung Sukseskan Transformation Towards  Utimate

MEDAN -Universitas Sumatera Utara ( USU) dengan tiga belas mitra resmikan studio internasional sebagai fasilitas pembelajaran mahasiswa profesi arsitek pada Program Studi Pendidikan Profesi Fakultas Teknik USU.

Iklan Dedi

“USU menyambut gembira dan bersyukur sekali dengan adanya studio internasional ini. Terimakasih sebesar-besarnya kepada mitra dan Prodi Pendidikan Profesi Arsitektur (PPAr), dan semua yang mendukung studio internasional ini,” kata Wakil Rektor III USU Prof Dr Poppy Anjelisa Zaitun Hasibuan SSI M.Si Apt, Jumat (17/3/2023)

Menurutnya studio Internasional tersebut menjadi tempat mahasiswa  belajar dan meningkatkan kompetensi agar dapat diakui dalam kancah internasional.

Iklan Edoy

Peresmian studio intenasional yang dibuka Wakil Rektor III USU pada Rabu (15/3/2023) di Gedung Departemen Arsitektur itu dihadiri Dekan Fakultas Teknik USU, Dr Ir. Fahmi ST M.Sc IPM.

Studio bertaraf internasional ini dikembangkan menjadi salah satu program pendukung dalam menyukseskan slogan Rektor USU,  Transformation Towards the Utimate.

Prof Poppy menyambut mitra dan menjelaskan bahwa Studio Internasional ini digadangkan sebagai tempat transfer ilmu pengetahuan dan teknologi untuk meningkatkan kompetensi, agar dapat bersaing di kancah internasional.

Dia juga mengharapkan agar Studio Internasional PPAr FT bisa dimanfaatkan dan dijaga  seluruh civitas akademika di Fakultas Teknik, khususnya program studi Pendidikan Profesi Arsitektur.

“Harapan saya, studio ini dapat terus digunakan dengan baik, Sama-sama memiliki peran penting dalam memanfaatkan dan menjaga studio internasional ini,” ujar Poppy

Ketua Program Studi Pendidikan Profesi Arsitek Dr. Ar. Achmad Delianur Nasution ST MT IAI AA IAP., GP juga menekankan pentingnya keberadaan studio internasional di PPAr.

Selain menjadi  ruang tempat belajar mengajar juga, katanya studio itu sekaligus menjadi show room teknologi fasilitas pembelajaran terkini dengan konsep kolaborasi para mitra pertama di USU.

Dijelaskannya, penyebutan studio, bukan kelas, merujuk pada replika tempat arsitek profesional melakukan proses berkarya untuk menelurkan  desain-desain terbaiknya.

Selain kelengkapan fasilitas bertaraf internasional,  proyek- proyek sayembara internasional yang dikerjakan mahasiswa prodi Pendidikan Profesi Arsitektur  juga menjadi latar belakang studio disebut sebagai studio internasional” jelas Dr. Ar. Achmad

Kolaborasi

Kolaborasi mitra dalam pembangunan merupakan wujud kontribusi mitra-mitra kepada dunia pendidikan  tinggi, dalam bentuk pengenalan produk kepada mahasiswa profesi.

Pengetahuan produk menjadi kebutuhan mahasiswa Pendidikan profesi arsitek sebagai bagian dari persiapan praktek dilapangan menuju arsitek profesional.

Rancangan desain interior studio internasional menggunakan gaya futuristik curveline sederhana dengan sentuhan lokalitas laser cutting ornamen Melayu, khas Tanah Deli.

Bahan utama interior adalah alumunium composite panel (ACP) dari produk Seven (PT. Gumapu Berkat Abadi), lampu penerangan dari Philips (PT. Asta Karya Indotama), partisi kaca dengan teknologi spider fitting dan pintu otomatis dari PT. Kenari Djaya Prima.

Selain itu AC pendingan ruangan  dengan teknologi splitduck dari PT. Daikin Applied Solution Indonesia, Interactive White Board Android Supported Version 65 inches dari PT. Karido Mitra Internasional, Samsung Smart TV 50 inches QLEDb4K Q80B dari Reclea Brick.

Kemudian Laptop HP Pavilion Gaming 15dk2002TX i5 dari PT. Wavin Trading Indonesia, 20 set kursi dan meja studio dari Hight Point, Signage PPArs dari Kreasi Group, pintu darurat tahan api dari Dekkson Indonesia, 25 stop kontak dan jaringan dari Schneider Electric.

Demikian juga pengecatan dinding oleh Nippon  Paint (PT. Nipsea Paint and Chemical), studio ini juga dilengkapi HEVA filter dari Japan Air Filter yang menjadi satu-satunya studio dengan kemampuan Pandemic Ready di USU, yang keseluruhannya tertuang dalam MoU dan MoA.

Memorandum of Understanding (MoU) antara mitra-mitra dengan USU ditandantangani pimpinan perusahaan dan rektor USU.

Selanjutnya ditindaklanjuti dengan Memorandum of Agreement Dekan Fakultas Teknik yang berkomitmen para mitra untuk memberikan sharing knowledge berupa perkuliahan tentang teknologi terbaru dari produknya.( swisma)

Beri balasan

Alamat email Anda tidak akan ditampilkan.