Youtube Campus Day di UMSU Siap Cetak Konten Kreator Muda

MEDAN -Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) dan Telkomsel kolaborasi gelar acara bertajuk ‘Youtube Kampus Day’.

Acara itu menghadirkan narasumber  Country Head Youtube Indonesia, Suwandi Widjaja dan Manager Youth Community and Lifestyle GTM Telkomsel Area Sumatera, Ika Purnama Dewi di Auditorium UMSU Jalan Muchtar Basri  Medan, pada Kamis (30/5/2024).

Rektor UMSU Prof. Dr. Agussani, MAP diwakili WR III Dr. Rudianto, M.Si buka acara tersebut dihadiri
General Manager Telkomsel GTM Area Sumatera, Fachrul Rizzal beserta jajaran.

Hadir juga Kepala Biro Humas Dr. Ribut Priadi, M.I.Kom, Kepala Biro Kemahasiswaan dan Alumni,  Dr. Radiman, M.Si, Para Pimpinan Fakultas dan Dosen di UMSU serta 500 peserta kalangan mahasiswa dan pelajar.

Country Head Youtube Indonesia, Suwandi Widjaja sangat terpukau dengan antusias para peserta yang mengikuti acara ini. Dia merasa senang mendapatkan sambutan baik dari sivitas akademika UMSU.

“Saya sangat senang dengan antusiasnya UMSU mengikuti kegiatan ini,” kata Suwandi.

Pada kesempatan ini, dia menyampaikan perkembangan Youtube dan Konten Kreator selama 12 tahun di Indonesia, yang mana lebih dari 5000 jam terupload konten setiap menitnya. Kemudian, terdapat 18000 konten kreator di Indonesia yang tumbuh dengan lebih dari 100 ribu pengikut.

“Youtube ingin memberikan wadah dan suara berkespresi untuk seluruh kreator yang kecil maupun besar,” ujarnya.

Suwandi berbagi tips sukses menjadi kreator di Youtube, dia mengatakan bahwa konsisten membuat dan mengunggah video merupakan salah satu strategi meraih view dan subscriber. Tidak harus konten viral tapi perlu memastikan kualitas visual, thumbline dan textnya.

Kemudian, Manager – Youth Community and Lifestyle GTM Telkomsel Area Sumatera, Ika Purnama Dewi memaparkan tentang peluang bisnis musik digital di antaranya menjadi penyanyi, penulis, studio recording, musik promotor, content creator, live streaming concert hingga virtual artist colab.

“Telkomsel memberikan wadah bagi teman-teman yang punya band atau bisa nyanyi untuk diorbitkan lagunya. Kita ada Telkomsel Indie music yang bisa diikuti,” kata Ika.

Dia juga menyinggung terkait dunia musik di tengah gempuran AI. Menurutnya, AI menjadi peluang sekaligus tantangan bagi Industri musik di era digital.

WR III UMSU Dr. Rudianto pada pembukaan, menyampaikan sangat apresiasi acara ini. Dia menyambut antusias kegiatan ini sebagai wadah diskusi antara Youtube dan mahasiswa.

“Pada waktu dulu, banyak yang menertawakan profesi youtubers, tapi sekarang youtubers menjadi profesi yang tidak dapat di pandang sebelah mata,” katanya.

Dia berpesan kepada mahasiswa agar memanfaatkan kegiatan ini dan saluran youtube sebaik-baikny.

“Acara ini harus menginspirasi mahasiswa sekalian, kehadiran Head Country Youtube di Indonesia ini ini tidak sembarang. Tokoh-tokoh besar adalah mereka yang memiliki tech company,” lanjut Dr. Rudianto.

General Manager Telkomsel GTM Area Sumatera, Fachrul Rizzal mengungkapkan, acara ini bentuk komitmen kerja sama UMSU dan Telkomsel.

“Ini komitmen kita dari Telkomsel sebagai jembatan mahasiswa ke dunia digital. Jadi saya harap, jangan malu-malu, langsung aja bertanya dan diskusi,” ujar Fachrul.

Sesi talkshow yang dipandu oleh Agussani, M.Sc berjalan intraktif dengan sesi tanya jawab oleh para peserta.

Diakhiri pengundian lucky draw untuk peserta yang beruntung. Para peserta tidak hanya mendapatkan pengetahuan, namun berkesempatan ikut lucky draw, gratis snack, kopi dan  bermain VR Games Player. ( swisma)

Beri balasan

Alamat email Anda tidak akan ditampilkan.