Iklan Edoy

3.083 Pantarlih di Kabupaten Langkat Diberi Bimbingan Teknis

Langkat – Sebanyak 3.083 petugas pemutakhiran data pemilih (Pantarlih) Pemilu serentak tahun 2024 di Kabupaten Langkat, Sumatera Utara, dilantik dan diberikan bimbingan teknis (bimtek) oleh para panitia pemungutan suara (PPS) di wilayah desa dan kelurahan   masing-masing,  Minggu (12/2).

 

Iklan Dedi

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Langkat Sopian Sitepu mengatakan, pelantikan pantarlih ini dilaksanakan secara serentak di Kabupaten Langkat. Mereka dilantik dan dibekali tentang tugas-tugas pantarlih.

 

“Ada 3.083 orang pantarlih yang dilantik secara serentak hari ini di desa dan kelurahan se Kabupaten Langkat, usai dilantik mereka di bimtek dan langsung bertugas di wilayah masing-masing,” kata Sopian.

 

Iklan Edoy

Sementara itu pantarlih ini direkrut oleh PPS desa/kelurahan dan dilantik oleh PPS untuk melaksanakan pemutakhiran data pemilih di wilayah desa dan kelurahan masing-masing, pantarlih mulai bekerja dari tanggal 12 Februari sampai 11 April 2023.

 

Ketua Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Secanggang Kusmiono mengatakan, prosesi pelantikan pantarlih di Kecamatan Secanggang berlangsung di empat titik masing-masing di Desa Karang Gading, Desa Teluk, Kelurahan Hinai Kiri, dan Desa Tanjung Ibus.

 

Untuk Desa Kwala Besar dilaksanakan sendiri di desa tersebut karena jarak dan waktu, mengingat Kwala Besar merupakan desa pulau.

 

“Kegiatan pelantikan dihadiri anggota PPK untuk memberikan bimtek kepada pantarlih, kecuali pelantikan pantarlih Desa Kwala Besar dilaksanakan sendiri di desa tersebut berhubung Kwala Besar merupakan desa pulau yang jauh

 

Usai dilantik para Pantarlih mengikuti apel dan menerima seragam rompi, topi dan tanda pengenal, bertuliskan pantarlih sebagai penanda bahwa petugas pemutakhiran data pemilih yang bertugas dari rumah ke rumah untuk memastikan kevalidan data calon pemilih serta memasang stiker di dinding depan rumah sebagai penanda sudah didatangi oleh pantarlih. Sementara di Kecamatan Secanggang ada 16 desa dan 1 kelurahan.

 

Sementara itu pantarlih dari empat desa yakni Desa Karang Gading, Desa Pantai Gading, Desa Perkotaan dan Desa Telaga Jernih, Kecamatan Secanggang berjumlah 65 orang yang dilantik dan dibekali bersama di kantor desa Karang Gading oleh anggota PPK Kecamatan Secanggang Muhammad Ikram.

 

Pelantikan dihadiri PPS dari empat desa, Kepala Seksi Pemerintahan Kecamatan Secanggang Adi Siswoyo, Kepala Desa Karang Gading Bahrul, Kepala Desa Pantai Gading Ariyanto, Sekdes Telaga Jernih Atheri dan juga pengawas desa dari empat desa. (rel)

Beri balasan

Alamat email Anda tidak akan ditampilkan.