Al Washliyah Sumut Gelar Latihan Mahir Dasar Pembina Pramuka

MEDAN – Satuan Komunitas (Sako) Gerakan Pramuka Al Washliyah Sumatera Utara mengadakan pelatihan pembina Pramuka mahir tingkat dasar di Taman Monako Park Sibirubiru, Deliserdang. Kegiatan ini dilaksanakan selama dua hari, Jumat hingga Sabtu (16-17/12/2023).

Latihan mahir tingkat dasar ini diikuti para Pembina Pramuka SMA/Madrasah Aliyah Al Washliyah se-kawasan Kota Medan. Kegiatan Pramuka ini mengambil thema: “Menciptakan Patriot Bangsa yang Berakhlak dan Berbudi Luhur”.

“Gerakan Pramuka sebagai wadah pembinaan generasi muda hendaknya selalu siap merespon kemajuan zaman. Dinamika perkembangan zaman menuntut Pramuka untuk senantiasa mempertahankan eksistensinya dengan tetap memegang teguh pada Satya dan Darma Pramuka. Pendidikan dan pelatihan mahir tingkat dasar ini, akan diselenggarakan secara berkala dan berkelanjutan di setiap tingkatnya, guna memberikan kontribusi positif terhadap pembentukan karakter generasi penerus bangsa,” ucap Ketua Panitia Latihan Mahir Dasar Pramuka Al Washliyah Sumut, Aidil Azhari SPd didampingi rekan-rekannya di sela-sela kegiatan.

Menurutnya, latihan mahir dasar merupakan suatu kegiatan pendidikan dan pelatihan yang bertujuan memberi bekal pengetahuan dasar dan pengalaman praktis membina pramuka melalui kegiatan kepramukaan dalam satuan pramuka yang meliputi perindukan siaga, pasukan penggalang, ambalan penegak, dan racana pandega. Kegiatan ini merupakan pembekalan bagi generasi bangsa khususnya anggota Gerakan Pramuka dengan harapan dapat menciptakan profil Pembina Pramuka masa kini yang sesuai dengan semangat revitalisasi Gerakan Pramuka, serta mempu menjadi motor pembentuk generasi muda yang beriman, bertaqwa, dan berbudi pekerti luhur.

“Latihan mahir dasar ini bermaksud untuk mengembangkan Sumber Daya Manusia (SDM) khususnya bagi pembina-pembina pramuka di sekolah-sekolah Al Washliyah. Kegiatan ini menjadi sangat penting, karena para Pembina akan mendapatkan bekalan-bekalan yang mendasar serta bermanfaat dalam menyelenggarakan kegiatan Pembina generasi muda melalui kegiatan kepramukaan khususnya di sekolah yang sesuai dengan AD/ART Gerakan Pramuka,” papar Aidil.

Latihan mahir dasar ini diisi dengan berbagai kegiatan. Para peserta antusias mengikuti rangkaian kegiatan tersebut. (Red)

Beri balasan

Alamat email Anda tidak akan ditampilkan.