Jamuan Makan Malam Pimpinan dan Anggota DPRD Palas di Kediaman Plt Bupati Jadi Sorotan

PALAS – Jamuan makan malam pimpinan dan sepuluh Anggota DPRD Padang Lawas (Palas) di kediaman Plt Bupati Palas drg Ahmad Zarnawi Pasaribu CHt MM MSi, di Bukit Berbunga Pasar Ujung Batu Kecamatan Sosa, Kamis (24/11/2022) malam, menuai sorotan dan protes sejumlah tokoh masyarakat Palas.

Bukan tanpa sebab jamuan makan malam itu menjadi sorotan. Sejumlah foto acara makan tersebut, yang juga disertai foto orang memegang amplop, beredar luas di tengah-tengah masyarakat dan media sosial.

Seperti dikatakan Ketua Persatuan Naposo Nauli Bulung (PNNB) Lingkungan I Pasar Sibuhuan, Donna Siregar SH, kepada wartawan Sabtu (26/11/2022), mensinyalir jamuan makan malam itu dalam upaya memuluskan proses penetapan Kebijakan Umum Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (KUA) serta Prioritas dan Plafon Anggaran Sementara (PPAS) TA 2023 Pemkab Palas.

Donna mengatakan, pimpinan DPRD yang tampak hadir, H Irsan Bangun Harahap dan Sahrun Hasibuan. Sementara 10 Anggota DPRD lainnya yakni, Syarif Lubis, Romi Parmonangan Nst, H Puli Parisan Lubis, Mhd Dayan Hsb, Luat Hsb, Raja Parlindungan Nst, Jenti Mutiara Napitupulu, Muara Kumpul Nst, Hasan Basri Hsb, dan Mhd Hamidi Pasaribu.

“Ada juga hadir Sekda Palas Arpan Nst SSos, Sekwan DPRD Palas Eddi Mirson Hsb MM, Asisten 1 H Panguhum Nst, Asisten 2 Marza Zennopa, Staf Ahli Bupati Irwan Hsb, Kabag Risalah DPRD Palas Suhaili Murad Siregar, dan Kabid Anggaran BPKAD Palas Nirwan Imamah,” ungkap Donna.

Ia pun menduga jamuan makan malam tersebut untuk memuluskan rapat paripurna penetapan KUA PPAS APBD Palas, pada Jumat (25/11/2022).

“Dari foto-foto yang beredar, para anggota DPRD tersebut diduga telah menerima amplop pada jamuan makan malam di kediamaan Plt Bupati Palas,” katanya.

Jika hal itu benar terjadi, Donna mengganggap tindakan itu sebagai penghinaan terhadap masyarakat Palas. “Pupuk subsidi yang langka saja tidak bisa mereka selesaikan, malah mereka menerima amplop,” ungkitnya.

Lebih rinci, Donna mengatakan, dugaan tersebut diperkuat adanya undangan paripurna yang ditandatangani Wakil Ketua Sahrun Hasibuan dengan Nomor Surat: 005/842/DPRD/2022 perihal undangan Rapat Paripurna penetapan KUA-PPAS Tahun Anggaran 2023.

Sementara itu, Wakil Ketua DPRD Palas, Sahrun Hasibuan, seperti dikutip dari sejumlah media, mengatakan jamuan makan malam itu hanya kegiatan biasa, tanpa ada perencanaan sebelumnya, dan enggan dikaitkan dengan Rapat Paripurna penetapan KUA PPAS.

“Terkait foto yang menunjukkan adanya amplop, itu hanya iseng dan candaan anggota grup. Itu tidak ada. Foto yang di grup itu main-main kawan-kawan itu. Maklumlah dalam grup main-main saja itu,” tegasnya membantah dugaan adanya sogokan jelang rapat paripurna penetapan KUA PPAS. (Red)

Beri balasan

Alamat email Anda tidak akan ditampilkan.