Iklan Edoy

Kolaborasi Lapas I Dengan Puskesmas,WBP Jalani Skring Penyakit Menular TBC& HIV

MEDAN – Lembaga Pemasyarakatan Kelas I Medan bersama Tim Kesehatan UPT Puskesmas Helvetia melakukan skrining Kolaborasi TB & HIV/AIDS kepada para Narapidana di Lapas Kelas I Medan, Kamis (23/02/2023).

Iklan Dedi

Kalapas Kelas I Medan, Maju A. Siburian, menyampaikan,”bahwa Puskesmas Helvetia secara kontinyu sangat membantu Lapas Medan dalam melakukan perawatan kesehatan bagi narapidana/tahanan secara rutin termasuk pelaksanaan skrining TB & HIV/AIDS kali ini dan kegiatan skrining HIV/AIDS ini bertujuan untuk mendeteksi potensi munculnya gejala maupun potensi penderita HIV/AIDS dari para narapidana,” Jelas Kalapas.

“apresiasi dan ucapan terima kasih kepada Puskesmas Helvetia, semoga kolaborasi skrining terus dapat dilaksanakan,” tambah Kalapas.

Iklan Edoy

Lebih lanjut, Kepala UPT, Puskesmas Helvetia, drg. Andy Rinaldy melalui Tim Puskesmas, dr. Erliston Dionesius Trisno octavian menyampaikan,” Puskesmas Helvetia akan selalu mendukung dan membantu Lapas I medan dalam mengelola kesehatan baik upaya deteksi dini seperti skrining maupun dalam hal perawatan kesehatan, kolaborasi ini akan terus dilaksanakan sebagai upaya pemeliharaan kesehatan bagi narapida,” ungkapnya.

Skrining HIV dilaksanakan kepada 150 orang warga binaan, sementara untuk TB sebanyak 159 orang, baik warga binaan kiriman dari Lapas/rutan yang sedang menjalani mapenaling dan juga warga binaan yang berada di blok hunian, selanjutnya setelah dilaksanakan pemeriksaan skrining, kemudian dan sputum (dahak) akan diperiksa di Lab. Puskesmas Helvetia.

Turut hadir dalam kegiatan, Kabid Pembinaan, Peristiwa Sembiring, Kasi Perawatan, Rudi Icuana Sembiring, dan Pelaksana dan Fungsional Pada Seksi Perawatan.(Red)

 

Beri balasan

Alamat email Anda tidak akan ditampilkan.