Mangapul Purba Dikukuhkan jadi Ketua Umum 14 Marga Purba Simalungun se-Indonesia

SIMALUNGUN – Ketua Fraksi PDI Perjuangan DPRD Sumut Mangapul Purba, SE dikukuhkan menjadi Ketua Umum 14 Marga Purba Simalungun se-Indonesia.

Pengukuhan tersebut dilaksanakan pada acara Pelantikan (Patampei Sihilap) Dewan Pimpinan Pusat Harungguan Purba Simalungun Indonesia (DPP HPSI) pada Sabtu (11/3/2023) di Lapangan Parkir Pariwisata, Jalan Merdeka Pematangsiantar, Provinsi Sumatera Utara (Sumut).

Para pengurus DPP HPSI yang dilantik pada kesempatan tersebut, Ketua Harian, Drs Gidion Purba Tambak MSi, Wakil Ketua Harian, Suit Purba Dasuha SH MH dan 14 wakil ketua, Sekretaris Umum, Rohdian Purba Silangit SSi MSi ditambah 14 wakil sekretaris, Bendahara Umum, Richardo Purba ditambah 14 wakil bendahara dan bebagai bidang kepengurusan

Seluruh pengurus yang dilantik berasal dari perwakilan 14 sub marga Purba Simalungun. Masing-masing perwakilan marga Purba Tambak, Purba Pak Pak, Purba Siboro, Purba Sidasuha, Purba Girsang, Purba Tua, Purba Sidadolog, Purba Sidagambir, Purba Sigumonrong, Purba Tanjung, Purba Tondang, Purba Tambun Saribu, Purba Manorsa dan Purba Silangit.

Pelantikan DPP HPSI tersebut turut dihadiri anggota DPR RI Junimart Girsang, Wali Kota Pematangsiantar, dr Hj Susanti Dewayani SpA, Bupati Simalungun, St Radiapoh Hasiholan Sinaga SH MH dan para tokoh 14 marga Purba Simalungun.

Mangapul Purba SE pada kesempatan tersebut mengatakan, 14 sub atau cabang marga Purba Simalungun membentuk wadah besar (harungguan) untuk mempersatukan seluruh marga Purba Simalungun yang tersebar di Indonesia.

“Harungguan adalah sebagai wadah tempat bermusyawarah dan berdiskusi. Terkait pengembangan potensi sumber daya manusia, dan pembangunan segmen budaya dan kepentingan lainya. Dalam bingkai mempererat silaturahmi dan menjaga persatuan dan tetap dalam konteks menjaga Pancasila dan NKRI,” sebut Mangapul dalam sambutannya

Lebih lanjut Mangapul mengatakan, Harungguan Purba fokus pada upaya peningkatan pembangunan Simalungun dan Kota Pematangsiantar. Khususnya peningkatan kualitas sumber daya manusia.

Kemudian HPSI juga berkomitmen meningkatkan kegiatan di bidang bidang sosial, ekonomi, budaya dan juga politik.

Program DPP HPSI ini tidak hanya dilaksanakan di Kota Pematangsiantar dan Kabuaten Simalungun saja, tetapi juga di daerah lain. Karena itu DPP HPSI akan membentuk kepengurusan HPSI di berbagai daerah di luar Kabupaten Simalungun dan Kota Pematangsiantar.

“Seluruh sub atau cabang marga Purba Simalungun sudah memiliki perkumpulan marga masing-masing. Namun perkumpulan 14 marga purba Simalungun belum ada. Karena itulah kami menghimpun seluruh marga Purba Simalungun dalam satu wadah HPSI. Tujuan kita untuk membangun Simalungun dan Kota Pematangsiantar, khususnya pembangunan sumber daya manusia, budaya dan ekonomi,” ujar Mangapul Purba yang juga Wakil Ketua DPD PDI Perjuangan Sumut.

BERGANDENG TANGAN

Sementara itu, Wali Kota Pematangsiantar, dr Hj Susanti Dewayani SpA pada kesempatan tersbeut mengatakan, kehadiran HPSI menjadi langkah awal 14 cabang marga Purba Simalungun secara bersama-sama membangun Kota Pematangsiantar dan Kabupaten Simalungun.

Melalui kehadiran HPSI, marga Purba Simalungun bisa bergandeng tangan dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Pematangsiantar memajukan pembangunan Kota Pematangsiantar dan Kabupaten Simalungun.

“Semakin kuat persatuan Purba Simalungun, semakin baik pula kerja sama dengan pemerintah daerah membangun Kota Pematangsiantar dan Simalungun. Karena itu kesatuan Purba Simalungun perlu terus diperkokoh di masa mendatang,” katanya.

Sambungnya, para tokoh di Harungguan Purba Simalungun selama ini telah banyak berkontribusi kepada Pemkot Pematangsiantar. Para tokoh Purba Simalungun turut membangun Kota Pematangsiantar melalui bidang masing-masing. Baik di bidang pemerintahan maupun swasta.

“Kami berharap, melalui pengukuhan Bapak Mangapul Purba, SE menjadi Ketua Umum DPP HPSI, semakin kuatlah persatuan kita membangun Siantar-Simalungun. Jadi tugas beban HPSI ini sudah diserahkan ke pundak orang yang tepat. Selama ini hingga di masa mendatang, HPSI di bawah pimpian Mangapul Purba, SE kami harapkan akan tetap menjalin kerja sama sama dengan Pemkot Pematangsiantar,” katanya.

BERTARUNG POLITIK

Sementara itu, Bupati Simalungun, St Radiapoh Hasiholan Sinaga SH MH, pada kesempatan tersebut menantang putra-putra terbaik Simalungun bertarung politik pada Pemilihan Umum (Pemilu) Serentak 2024. Tantangan tersebut juga disampaikan kepada putra-putra terbaik dari Harungguan Purba Simalungun.

“Saya yakin kader-kader Purba ini banyak yang the best (terbaik). Mari kita bersama-sama membangun kampung halaman kita saat ini. Sedangkan pada Pemilu Serentak tahun 2024 nanti, mari kita bertarung lagi. Seperti itu,” katanya. (Red)

Beri balasan

Alamat email Anda tidak akan ditampilkan.