Iklan Edoy

OJK KR 5 Latih 700 Peserta KKN 

MEDAN– Otoritas Jasa Keuangan Kantor Regional 5 Sumatera Bagian Utara (OJK KR 5) bekerja sama dengan Universitas Negeri Medan Area (Unimed) menggelar Training of Trainers (ToT) Sobat SIKAPI Unimed terhadap 700 mahasiswa peserta Kuliah Kerja Nyata (KKN) Fakultas Ekonomi.

Iklan Dedi

Kegiatan untuk meningkatkan literasi dan inklusi keuangan masyarakat di Sumatera Utara ini berlangsung pada akhir Mei 2023 lalu di Digital Library Unimed.

Siaran pers OJK diterima redaksi, Rabu (7/5/2023) menyebutkan,
Sobat SIKAPI merupakan infrastruktur sumber daya manusia yang dipersiapkan sebagai pelaksana kegiatan edukasi keuangan dalam rangka peningkatan literasi dan inklusi keuangan masyarakat Indonesia.

Iklan Edoy

Sobat SIKAPI Unimed adalah mahasiswa yang dipilih Unimed dan dipersiapkan oleh OJK sebagai pelaksana kegiatan edukasi keuangan tersebut.

Kepala OJK KR 5, Bambang Mukti Riyadi, dalam sambutannya menyampaikan Indeks inklusi Sumut mencapai 95%, menjadi yang kedua tertinggi di Indonesia, sementara indeks literasi keuangan masih berada di angka 51,69%.

“Artinya, yang memakai produk keuangan sudah banyak, tetapi pemahamannya masih kurang,” ujarnya.

Salah satu latar belakang diselenggarakannya kegiatan ini adalah untuk mengamplifikasi kegiatan edukasi keuangan dengan mangandalkan mahasiswa sebagai agen literasi keuangan.

“Kami mengadakan ToT ini dengan harapan adik-adik mahasiswa dapat mendiseminasi berbagai ilmu literasi keuangan yang telah dipaparkan seharian ini kepada masyarakat seluas-luasnya pada saat melakukan KKN,” kata Bambang.

Deputi Direktur Manajemen Strategis, Edukasi dan Perlindungan Konsumen, dan Kemitraan Pemerintah Daerah OJK KR 5 Wan Nuzul Fachri dalam sambutannya menyampaikan pentingnya pemahaman sebelum menggunakan produk keuangan.

“Secara riil, kita semua mungkin sudah memiliki rekening tabungan di bank tetapi sering kali kita kurang memahami manfaat, risiko, maupun biaya yang ada setiap memiliki rekening tabungan,” sebutnya.

Dekan Fakultas Ekonomi Unimed Prof. Indra Maipita, M.SI, Ph.D menyampaikan apreasiasi terhadap OJK yang menggelar ToT tersebut.

Diakuinya, ini adalah pertama kalinya di Unimed dilaksanakan program kerja yang dititipkan kepada mahasiswa peserta KKN.

“Kami berharap kerjasama ini dapat terus berlanjut ke depannya untuk semakin meningkatkan literasi keuangan masyarakat Sumatera Utara,” ucapnya.

Kaukabus Syarqiyah, SE, MSE, CFP yang merupakan seorang financial planner tersertifikasi dan influencer menjadi narasumber utama dalam kegiatan tersebut.

Ia memberikan pemaparan mengenai manajemen keuangan dengan dasar tujuan yang jelas.

“Kita semua perlu memahami pentingnya mengelola keuangan. Keahlian mengelola uang bukan bergantung pada jumlah uang yang dimiliki, namun bagaimana sikap kita dalam memanfaatkan uang tersebut,” katanya.

Sebenarnya, mengelola keuangan itu tidak susah. Menurutnya bisa dimulai dengan membuat tujuan keuangan terlebih dahulu.

Selanjutnya, kita bisa membuat pencatatan yang rapi untuk pengeluaran dan kemudian membuat alokasi atau budgeting pribadi setiap bulannya,” bebernya.

Narasumber lainnya yang hadir dalam kegiatan adalah Kepala Bagian Kemitraan dan Pengembangan Ekonomi dan Keuangan Daerah OJK KR 5 Solihin, Analis Edukasi dan Perlindungan Konsumen OJK KR 5 Raya D. Theresia, dan Kepala Perwakilan Bursa Efek Indonesia Provinsi Sumatera Utara M. Pintor Nasution.

Kegiatan Training of Trainers ini menjadi langkah konkret dalam meningkatkan literasi dan inklusi keuangan masyarakat Sumut, khususnya terkait manajemen keuangan, pemahaman produk keuangan, dan pentingnya berinvestasi dengan bijak.

OJK berharap pengetahuan dan keterampilan yang didapat oleh peserta akan membantu dalam memberikan edukasi kepada masyarakat lebih luas, sehingga tercipta kesadaran akan investasi yang aman dan legal, serta peningkatan literasi keuangan yang signifikan di Sumatera Utara. (swisma)

Beri balasan

Alamat email Anda tidak akan ditampilkan.