Raker DPRD Kota Medan 2023 Dorong Peningkatan Efesiensi Pelayanan Publik di Berbagai Sektor

SIBOLANGIT – Rapat Kerja (Raker) Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Medan Ke-5, mendorong perlunya peningkatan efisiensi dan efektivitas pelayanan publik di berbagai sektor dan pelayanan masyarakat lainnya pada tahun 2024 mendatang.

Hal ini diutarakan Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Medan, Hasyim SE, saat pembukaan Rapat Kerja (Raker) DPRD Kota Medan ke-5, di The Hill Hotel & Resort Sibolangit, Jl Letjend Jamin Ginting, Sibolangit, Kabupaten Deli Serdang, Minggu (16/7/2023).

Kegiatan ini berlangsung selama 3 hari, Minggu hingga Selasa, 16-18 Juli 2023, dan dibuka Wali Kota Medan Bobby Nasution, yang diwakili Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Medan Ir Wiriya Alrahman MM.

Raker bertema ‘Bergerak Berkolaborasi untuk Percepatan Pelayanan Publik dan Akuntabilitas Tata Kelola Pemerintahan Mewujudkan Kota Medan yang Berkah, Maju dan Kondusif’ ini merupakan bagian penyusunan dalam penyusunan Program Kerja DPRD Kota Medan Tahun 2024 yang lebih berkualitas. Dan diharapkan dapat membawa perubahan positif bagi peningkatan kinerja dewan.

Hadir dalam Raker, Ketua DPRD Kota Medan Hasyim SE, Wakil Ketua Ihwan Ritonga SE, Rajudin Sagala, HT Bahrumsyah, dan seluruh anggota DPRD Kota Medan.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Medan Ir Wiriya Alrahman MM, hadir bersama Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) Kota Medan dan perangkat daerah di lingkungan Pemerintah Kota Medan. Tampak juga, Sekretaris Dewan (Sekwan) Kota Medan, M Ali Sipahutar SSTP MAP,

Sebagai narasumber panel, hadir Sekretaris Ditjen Bina Keuangan
Daerah Kementerian Dalam Negeri Dr Drs Horas Maurits Panjaitan Mec Dev, Direktur Produk Hukum Daerah Otonomi Ditjen Daerah Kementerian Dalam Negeri Drs Makmur Marbun MSi. Kemudian perwakilan BPKP Sumatera Utara (Sumut) Brayen Marcos Purba, mewakili Kakanwil Kementerian Hukum dan HAM Sumut, Ali Marwan Hasibuan SH MH.

“Melalui tema ini, kita menegaskan komitmen untuk turut berpartisipasi aktif mengakselerasi pelayanan publik yang berkualitas dan berkelanjutan di Kota Medan. Seiring dengan peningkatan akuntabilitas tata kelola pemerintahan, optimalisasi Tri Fungsi dewan,” kata Hasyim.

Ia menerangkan Raker tersebut merupakan wadah untuk berdiskusi, berbagi ide, dan membangun komitmen bersama. Agar program kerja tahun 2024 lebih produktif, tangguh, dan memberikan dampak dan manfaat nyata bagi Kota Medan.

“Saya mengajak semua anggota DPRD Kota Medan untuk menjalin kerjasama yang kuat, mengedepankan kepentingan masyarakat di atas segalanya. Dan bekerja secara sinergis dengan Pemerintah Kota (Pemko) Medan,” kata Hasyim dalam sambutannya.

Ia menekankan perlunya kerja sama dewan dengan Pemko Medan, dan berbagai pemangku kepentingan untuk merancang dan melaksanakan program-program yang tepat sasaran. Kolaborasi yang kuat akan menciptakan sistem tata kelola yang efektif dan responsif terhadap kebutuhan masyarakat.

“Kita juga perlu melibatkan masyarakat secara aktif dalam proses pembuatan kebijakan. Pendapat, aspirasi, dan masukan serta keterlibatan masyarakat akan menciptakan rasa memiliki terhadap program-program pemerintah. Dan memperkuat hubungan antara pemerintah dan rakyat,” katanya.

Untuk mencapai tujuan ini, ungkapnya, DPRD berkomitmen untuk melibatkan seluruh unsur masyarakat, termasuk organisasi kemasyarakatan dan media, dalam mengawal kinerja Pemko Medan.

Lebih lanjut, Hasyim mengatakan dalam peningkatan tata kelola pemerintahan yang baik, akuntabilitas dan transparansi harus menjadi prinsip yang kita pegang teguh.

Menyinggung pesta demokrasi tahun 2024 mendatang, Hasyim mengimbau, sebagai wakil rakyat yang memiliki amanah, agar turut serta menjaga kekondusifan Kota Medan.

“Membangun Kota Medan dengan budaya dan peradaban yang lebih demokratik, melalui upaya meningkatkan literasi publik,” kata Hasyim.

Sementara itu, Walikota Medan Bobby Nasution dalam sambutannya yang dibacakan Sekda Wiriya Alrahman, mengharapkan dengan Rapat Kerja ini tercipta sinergitas, antara Pemko dan DPRD Kota Medan dalam membangun Kota Medan.

“Selama ini, masyarakat tidak benar-benar memahami apa itu dewan dan apa itu pemerintah, karena feedback yang dirasakan masyarakat tidak nyata,” jelasnya.

Oleh sebab itu, lanjutnya lagi, Rapat Kerja ini sangat penting. Karena, terkait putusan anggaran untuk tahun berikutnya dan berharap masukan-masukan yang membangun untuk Pemko Medan.

Wiriya juga menyampaikan keinginannya kepada DPRD Medan, untuk mengusulkan perda yang menjadi skala prioritas Wali Kota Medan saat ini. Agar program tersebut dapat terlaksana dengan benar, sehingga masyarakat bisa merasakan dampak positifnya.

Wiriya juga menyinggung pengggunaan anggaran agar bisa difokuskan dalam satu wilayah daerah pemilihan (dspil). “Agar pertumbuhan infrastruktur, sosial, kesehatan dan pendidikan bisa dirasakan masyarakat dalam proses 5 tahun masa kepemimpinan Wali Kota Medan Bobby Nasution,” katanya.

Usai membacakan sambutan wali kota, Sekda Kota Medan Wiriya Alrahman melakukan pemukulan gong tanda dimulainya Raker DPRD Kota Medan.

Sebelumnya, Sekwan Ali Sipahutar dalam laporannya, menjelaskan rangkaian kegiatan raker, yakni diskusi panel dengan narasumber Kementerian Dalam Negeri, Sidang Pleno Penyampaian Usulan dan pembahasan rencana kegiatan dewan, serta pembacaan keputusan hasil Rapat Kerja 2023 DPRD Kota Medan. (Red)

Beri balasan

Alamat email Anda tidak akan ditampilkan.