Sat Narkoba Polres Langkat Gelar Tes Urin, Satu Sopir Angkutan Umum Positif Konsumsi Ganja

TribunMerdeka, Hinai – Sopir angkutan umum lintas Banda Aceh – Medan positif konsumsi ganja. Safriadi (34), warga Ujung Gele, Bener Meriah, Aceh itu mengaku mengkonsusmsi ganja sejak dua tahun terakhir. Sopir bus Hi-Ace BL 7345 Z itu diamankan polisi, usai menjalani pemeriksaan tes urin yang dilakukan Sat Narkoba Polres Langkat, Selasa (28/12/2022) pagi.

IPTU Mimpin Ginting SH

Kegiatan yang digelar di Pos Lantas Pasar X Tanjung Beringin itu, bertujuan untuk memeriksa urin para sopir angkutan. Dari puluhan sopir yang diperiksa, satu warga Bener Meriah positif mengkonsumsi ganja.

 

Saat diinterogasi Kasat Narkoba Polres Langkat AKP Kusnadi SH, Safriadi mengaku mengkonsusmi barang haram itu tiga hari yang lalu. “Tiga hari lalu saya makek ganja pak. Supaya nafsu makan pak. Dah dua tahun saya konsumsi ganja pak,” kata Safriadi.

 

Selain itu, Safriadi menjelaskan, ia tidak berani mengkinsumsi narkoba saat hendak mengendarai mobil. Ia tidak berani berkendara, jika dirinya tidak fokus atau sedang dibawah pengaruh narkoba.

“Sudah dua tahun dia (Safriadi) konsusmsi ganja. Alasannya suapya dia nafsu makan. Nantinya, sopir ini akan kita serahkan ke BNNK Langkat untuk menjalani rehab selama tiga bulan,” tutur AKP Kusnadi.

 

Di kesempatan yang sama, KBO Sat Nekoba Polres Langkat IPTU Mimpin Ginting SH menerangkan, kegitan itu digelar untuk mengantisipasi kecelakaan. Mengingat, aktifitas angkutan di jalan raya meingkat drastis menjelang Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 (Nataru).

 

“Semalam, kami menggelar tes urin terhadap sopir angkutan umum di dekat pintu Tol Stabat. Satu orang sopir positif mengkonsumsi sabu. Hari ini, ada satu sopir yang positif mengkonsumsi ganja,” kata IPTU Mimpin Ginting.

 

Mimpin melanjutkan, Polres Langkat mengimbau kepada sopir bus angkutan umum untuk tidak menggunakan narkoba. Karena, dengan mengkonsusmsi barang haram itu, dapat membahayakan penumpang.

Dalam kegiatan itu, turut melibatkan Satpol PP, BNNK Langkat, Sub Denpom Brandan, dan Sat Sabhara Polres Langkat. Selain sopir angkutan umum, beberapa penumpang juga ikut menjalani pemeriksaan tes urin. (Ahmad)

Beri balasan

Alamat email Anda tidak akan ditampilkan.