Pengayaan Wawasan, Wartawan Unit DPRD Medan Studi Komparatif ke DPRD Sibolga dan Tapteng

SIBOLGA – Sejumlah wartawan yang tergabung di Wartawan Unit DPRD Kota Medan melakukan kunjungan silaturrahmi, sekaligus studi komparatif terkait pengayaan wawasan ke DPRD Kota Sibolga dan DPRD Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng).

Dalam kunjungan studi komparatif ini, wartawan Unit DPRD Kota Medan dipimpin langsung Ketua Wartawan Unit DPRD Medan Muhammad Said Ilham Assegaf selama dua hari 31 Oktober-1 Nopember 2022.

“Kegiatan studi komparatif kami ini dalam rangka menambah wawasan terkait publikasi wartawan di unit DPRD Kota Sibolga dan Tapteng,” kata Said Ilham saat diterima kedua Sekretariat DPRD Sibolga dan Tapteng, Senin (31/10/2022).

Said mengatakan sejumlah 100 wartawan unit DPRD Kota Medan diakomodir melalui Kepala Bagian (Kabag) Persidangan dan Perundang-undangan Sekretariatan DPRD Kota Medan.

“Itu kalau di DPRD Medan. Jadi, kunjungan kami di sini ingin mengetahui bagaimana juga Sekretariat DPRD Sibolga dan Tapteng menangani publikasi serta hubungan dengan media di sini,” ujarnya.

Budi Mulia Darma, Pelaksana tugas (Plt) Sekretaris DPRD Kota Sibolga menyambut baik kehadiran para wartawan.

Menurutnya, berbeda dengan pengelolaan media di DPRD Kota Medan, pihaknya justru lebih banyak berkoordinasi dengan Dinas Komunikasi dan Informasi (Kominfo) Pemerintah Kota (Pemko) Sibolga yang membawahi 11 media.

“Setiap kegiatan di DPRD Sibolga, kami koordinasi dengan Kominfo (Sibolga) untuk pemberitaannya, baik paripurna atau rapat,” paparnya.

 

Namun di luar itu, sebutnya, DPRD Sibolga memanfaatkan media sosial (medsos) seperti IG (Instagram). “IG kami sangat aktif,” katanya.

Lebih lanjut, dalam pertemuan itu, Budi Mulia Darma mengaku mendapat masukan penting berkenaan pengelolaan media selama ini di DPRD Kota Medan.

“Kita sangat berterima kasih atas beberapa informasi kegiatan melibatkan media atau wartawan di sana. Mudah-mudahan ke depan kami bisa mengelolanya secara mandiri,” tambahnya.

Dalam pertemuan tersebut, Sekretaris DPRD Sibolga didampingi Sabrian Anungrah Tanjung selaku Kasubbag Umum dan Protokol, Junita Situmorang Pj Kabag Keuangan dan Kepegawaian, Ajeng Triana Saputri Kabag Persidangan dan Perundang-undangan.

Sambutan yang sama disampaikan, Kabag Umum DPRD Tapteng, Mario Pakpahan yang menyampaikan selamat datang para wartawan unit DPRD Kota Medan. “Selamat datang ke DPRD Tapteng,” katanya singkat.

Sementara, Kasubag Protokol, Alex Rifai Silalahi, menegaskan kondisi pengelolaan media atau wartawan di DPRD Tapteng tidak jauh berbeda terhadap DPRD Kota Sibolga.

“Kami juga kerjasama dengan Kominfo, kalau ada acara situasional, Kominfo menugaskan wartawan ke sini,” tambahnya.

Kalau di DPRD Kota Medan ada keterlibatan wartawan, kalau di Tapteng peliputan atau dokumentasi cukup dilakukan Humas DPRD Tapteng.

“Mana tahu Kominfo minta hasil peliputan dan dokumentasi, kita kirim,” tegasnya. (Red)

Beri balasan

Alamat email Anda tidak akan ditampilkan.