Sidarta Sembiring Pelawi Kukuhkan Panitia Peluncuran Buku dan Pembangunan Makam Geriten Guru Patimpus Sembiring Pelawi

MEDAN – Sidarta Sembiring Pelawi, MBA (Mewakili garis keturunan Guru Patimpus Sembiring Pelawi) mengukuhkan Kepanitiaan Peluncuran dan Percetakan Buku Guru Patimpus Sembiring Pelawi Pendiri Kota Medan serta Pembangunan Makam Geriten Sang Pendiri, di Desa Lama Hamparan Perak Deli Serdang, Sumatera Utara di Le Polonia Hotel ruang Djamin Ginting Jalan Sudirman Kota Medan, Sumatera Utara, Rabu (17/8/2022).

Pengukuhan kepanitian kegiatan Sosial yang digagas oleh seluruh keturunan keluarga dan keturunan Sembiring Pelawi tersebut bersamaan dengan perayaan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke 77 tahun yang sedang dirayakan warga kota Medan dan seluruh masyarakat Indonesia dan warga Indonesia di dunia.

Acara diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan lagu Tujuh Belas Agustus. Pada arahan singkat Sidarta Sembiring Pelawi, MBA, disebutkan ada beberapa yang menjadi alasan penting kenapa dibentuk Kepanitiaan Peluncuran dan Percetakan Buku Guru Patimpus Sembiring Pelawi Pendiri Kota Medan serta Pembangunan Makam Geriten Sang Pendiri, adalah didasari pengalaman langsung ketika diketahui hanya 23 persen warga Kota Medan yang mengetahui pendiri Kota Medan.

“Saya ingin ini menjadi sejarah dimana pendiri kota Medan yakni Guru Patimpus Sembiring Pelawi yang merupakan orang Karo semakin banyak yang mengetahui baik warga kota Medan dan di daerah lain di Sumatera Utara dan Indonesia. Sehingga sejarah menuliskan sampai kapan pun bahwa Guru Patimpus Sembiring Pelawi merupakan pendiri kota Medan. Dan lewat peluncuran buku tersebut nantinya, maka khalayak umum semakin banyak mengetahui tentang sejarah Guru Patimpus. Diharapkan juga sejarah Guru Patimpus ini dijadikan salah satu pelajaran muatan lokal bagi siswa di kota Medan,” jelasnya.

Ia juga menceritakan tentang asal usul dan perjalanan Guru Patimpus di seluruh wilayah Deli Serdang dan Kota Medan saat itu. Dia juga menjelaskan silsilah marga Sembiring Pelawi termasuk seluruh keturunan dari Guru Patimpus sampai saat ini.

Para tamu undangan yang hadir pun terkesima dan bertambah pengetahuannya tentang sejarah pendiri kota Medan tersebut.

Sidarta Sembiring Pelawi pada kesempatan itu juga mengaku jika dalam proyek sosial yang sedang dikerjakan nya bersama tim juga atas kesepakatan 4 garis keturunan nya yang mewakil yakni Datoq Adil Freddy Haberham Sembiring Pelawi, Erwan Sembiring Pelawi,MBA, Kolonel (Purn), Dalin Sembiring Pelawi, Mail Sembiring Pelawi, Datoq Yokaika Maulana (Humas Istana Maimun) dan seluruh warga Karo dan marga Sembiring Pelawi se-Indonesia dan dunia.

“Selain peluncuran buku, akan dibangun juga makam Geriten Sang Pendiri Guru Patimpus Sembiring Palawi yang ada di Desa Lama Hamparan Perak Kabupaten Deli Serdang, Provinsi Sumatera Utara. Untuk itu, kami membutuhkan bantuan sukarela dari keluarga, kawan, saudara dan sahabat semua agar proyek sosial dan amanah ini dapat berjalan sukses dan lancar,” katanya.

Sementara itu, Ketua Panitia terpilih, dr. John Peter Roy Kaban pada kata sambutannya mengajak seluruh marga Karo untuk saling bahu membahu dan bekerjasama agar peluncuran buku dan pembangunan Pembangunan Makam Geriten Sang Pendiri, di Desa Lama Hamparan Perak Deli Serdang dapat berjalan sukses dan lancar.

“Kita bisa berbangga hati sebab, pendiri kota Medan ini ternyata orang Karo bermarga Sembiring Pelawi. Maka mari kita saling bahu membahu untuk membesarkan seluruh marga Karo yang ada di kota Medan dan Sumatera Utara. Kalau bukan kita siapa lagi yang akan membesarkan kita,” ungkapnya.

dr. John Peter Roy Kaban pada kesempatan itu juga menjelaskan pada pertemuan tersebut akan membagikan kaos bertuliskan Patimpus Pelawi Peduli Kota Medan dimana didalam proposal ada dituliskan rincian kebutuhan dana yang diperlukan agar proyek sosial tersebut dapat berjalan.

“Kami sangat membutuhkan partisipasi dan sumbangsih dari bapak dan ibu sekalian yang hadir pada kesempatan ini,” ucapnya

Dijelaskan Kaban, tujuan 4 Garis Keturunan Guru Patimpus Sembiring Pelawi Pendiri Kota Medan Tahun 1950, berkeinginan membantu Bapak Wali Kota Medan, Bobby Afif Nasution agar, Indek masyarakat yang mengetahui sejarah pendiri kota Medan dari hanya berkisar 23 persen, (Data Survey Q4.2019) dapat ditingkatkan sampai minimum 70 persen yaitu melalui program peluncuran buku dan cetak buku Guru Patimpus Sembiring Pelawi Pendiri kota Medan minimum 10.000 eksemplar, selanjutnya disosialisasikan /di distribusikan ke generasi muda, sekolah dasar, sekolah menengah Pertama, (SMP) Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Perguruan Tinggi se Kota Medan. Sehingga generasi muda kota Medan dapat melihat dan menghargai jasa Pendiri Kota Medan secara wajar melalui Pembangunan Makam Geriten Sang Pendiri secara lebih baik dari kondisi saat ini yang sangat prihatin setelah meninggal dunia kurang lebih 412 tahun lalu.

Adapun estimasi anggaran yang dibutuhkan untuk peluncuran buku dengan format undangan kurang lebih 1000 orang, yang dimeriahkan dengan penampilan bakat 14 etnis (8 etnis Tionghoa dan 6 Etnis Pendatang). Anak Medan yang terkenal kaya budaya dan lagu nostalgia memori Medan. Ditambah press Confrence/Media release melalui media cetak, media elektronik, media digital dan peliputan berita oleh jurnalis bersama Wali Kota Medan berjumlah estimasi Rp 200.000.000.

Biaya Modal percetakan 10.000 examplar buku edisi khusus Guru Patimpus Sembiring Pelawi pendiri Kota Medan pada Tahun 1950 @Rp.65.000 (650.000.000). Biaya Pembangunan Makam Geriten Guru Patimpus Sembiring Pelawi di Desa Lama Hamparan Perak Kabupaten Deli Serdang (sesuai rencana gambar) Rp.440.000.000.

Adapun opsi kedua bagi para donatur yang ingin membantu guna meringankan langkah panitia bersama 4 Garis Keturunan Guru Patimpus Sembiring Pelawi yakni, dengan memesan buku Guru Patimpus Sembiring Pelawi Pendiri Kota Medan minimum sebanyak 12 examplar Rp.85.000 = Rp.1.020.000, menyumbang dana secara suka rela guna pembangunan makam Geriten Guru Patimpus Sembiring Pelawi.

“Pembayaran dapat melalui transfer bank terlebih dahulu ke rekening Panitia/Bendahara yang ada tertera di kop proposal yakni Rekening Bersama Panitia Bank Mandiri atas nama John Peter Roy Kaban/Abdi Nur Ginting No.Rek 105-00-7115907-7 dan rekening Bendahara yakni Syafrida Pelawi No Rek BRI : 5306-01-019839-53-4 dan Mariamin Pelawi No Rek BRI : 0144-01-021330-50-3. Dan alamat Sekretariat Jalan Bunga Ncole II Ujung No.25 Simpang Pencawan, Kelurahan Kemenangan Tani Kecamatan Medan Tuntungan Telp.WA, 0812 6468 844,” tuturnya.

Adapun nama kepanitiaan yang dikukuhkan yakni Ketua, dr John Peter Roy Kaban, Sekretaris Abdi Nur Ginting SR MPd dan Bendahara, Mariamin Pelawi.

Selain itu dibacakan lagi para wakil ketua, wakil sekretaris dan wakil bendahara beserta bidang bidang lainnya. Kemudian acara dilanjutkan dengan pembacaan doa dan makan malam. (Red)

Beri balasan

Alamat email Anda tidak akan ditampilkan.