Sinergi PT Prima Husada Cipta Medan dan PT Prima Multi Terminal, Komitmen Implementasi K3 sebagai Bagian Jaminan Kesehatan Pegawai

MEDAN – PT Prima Husada Cipta Medan (PT PHCM) bersinergi dengan PT Prima Multi Terminal (PT PMT) untuk menyelenggarakan jaminan kesehatan atas pegawai PT Prima Multi Terminal.

Bentuk sinergitas antar anak perusahaan PT Pelindo ini diwujudkan PT Prima Husada Cipta Medan melalui kerjasama dengan penyedia layanan kesehatan lainnya untuk memberikan pelayanan kesehatan kepada karyawan PT PMT.

Pentingnya penerapan K3 (Keselamatan dan Kesehatan Kerja) di lingkungan tentunya sangat penting, sejalan dengan komitmen PT Prima Husada Cipta Medan sebagai anak perusahaan PT Pelabuhan Indonesia Persero (PT Pelindo) yang memfasilitasi layanan kesehatan untuk pegawai dan keluarga.

Terkait menegakkan K3 di lingkungan perusahaan, pada Kamis (29/9) lalu, dilaksanakan pula sosialisasi implementasi klinik K3 di PT Prima Multi Terminal.

Sosialisasi tersebut dihadiri oleh jajaran manajemen PT Prima Husada Cipta Medan serta PT Prima Multi Terminal. Dari PT Prima Husada Cipta Medan diwakili SVP Pemasaran PT Prima Husada Cipta Medan, Devi Windari, serta Kepala Bagian Penunjang Medik RS Prima Husada Cipta Medan, dr. Syafril Armansyah. Kemudian dari PT Prima Multi Terminal dihadiri oleh Direktur Utama PT Prima Multi Terminal, Rudi Susanto, serta Manager Umum PT Prima Multi Terminal, Ritim Karo Sekali.

Adanya klinik K3 di lingkungan perusahaan memberikan manfaat mencegah terjadinya kecelakaan maupun penyakit yang disebabkan oleh pekerjaan dan lingkungan kerja. Klinik K3 merupakan fasilitas yang harus dimiliki perusahaan, antara lain diatur dalam undang-undang terkait keselamatan dan kesehatan kerja seperti UU No. 40 Tahun 2004 Tentang Sistem Jaminan Sosial Nasional, UU No. 3 Tahun 1970 Tentang Keselamatan Kerja, serta Peraturan Menteri Tenaga Kerja Transmigrasi dan Koperasi No. Per-01/Men/1976 Tentang Kewajiban Latihan Hyperkes bagi Dokter Perusahaan.

Klinik K3 yang diimplementasikan PT Prima Husada Cipta Medan di lingkungan PT Prima Multi Terminal memiliki ruang lingkup yakni:

PREVENTIF, berupa pemeriksaan risiko kesehatan pada pegawai, memastikan pegawai layak kerja, serta melakukan inspeksi kesehatan dan kebersihan lingkungan kerja
PROMOTIF, memberikan edukasi seputar kesehatan melalui diskusi dan pelatihan medis bagi tenaga kesehatan maupun untuk awam
KURATIF, memberikan tindakan medis (pertolongan pertama, rujukan, pemberian obat) serta evakuasi
REHABILITATIF, membantu pegawai yang mengalami masalah kesehatan/kecelakaan agar dapat kembali bekerja dengan rehabilitasi serta pendampingan pascakecelakaan.

Dalam pelaksanaannya, klinik K3 akan dibantu oleh tenaga-tenaga medis profesional yang siap memberikan layanan kesehatan terbaik.

“Kerjasama layanan kesehatan ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas kesehatan pegawai PT PMT dan hal ini merupakan wujud sinergitas antar anak perusahaan Pelindo,” jelas Direktur Utama PT Prima Multi Terminal, Rudi Susanto.

“Ke depan kami akan memberikan edukasi kesehatan oleh tim dokter RS PHC Medan kepada seluruh pegawai di Lingkungan PT PMT serta kami berharap implementasi klinik K3 dapat segera direalisasikan agar tercipta lingkungan kerja yang aman dan safety,” tambah SVP Pemasaran PT Prima Husada Cipta Medan, Devi Windari.

Sinergitas ini mewujudkan upaya kesehatan, mulai dari langkah-langkah preventif hingga penanganan kesehatan, baik karena kecelakaan kerja maupun perawatan penyakit akibat kerja. Diharapkan ke depannya, realisasi kerjasama ini dapat mewujudkan kualitas kesehatan yang baik di lingkungan PT Prima Multi Terminal. (Do/red)

Beri balasan

Alamat email Anda tidak akan ditampilkan.