Tingkatkan Wisata, BI Sumut Dukung F1H2O di Danau Toba

MEDAN-Bank Indonesia (BI)  mendukung penuh event internasional F1 Powerboat Lake Toba (F1H2O) yang akan digelar di Danau Toba, Sumatera Utara (Sumut).

“BI optimis event tersebut akan mengangkat sektor wisata dan berdampak pada penguatan ekonomi di sekitar kawasan Danau Toba,” sebut Kepala Kantor Perwakilan Provinsi Sumatera Utara (KPw BI Sumut), Doddy Zulverdi saat Bincang Bareng Media (BBM), Rabu (25/1/2023).

Dijelaskan Doddy, mengacu pada hasil pembagian tugas berdasarkan Keputusan Menteri Kemenkomarinves serta hasil Rapat Koordinasi Persiapan F1 Powerboat Lake Toba yang diinisiasi Kemenkomarinves,BI Sumut masuk dalam Bidang Pembayaran dan Permodalan.

Pada event itu ada beberapa peran dan dukungan Bidang Pembayaran dan Permodalan khususnya pada fasilitasi pembayaran dan permodalan serta penyelenggaraan pameran UMKM.

BI bersama perbankan yang ada di Sumut mendukung dalam ketersediaan fasilitas ATM pada lokasi strategis kawasan penyelenggaraan F1 Powerboat di 2023.

Mendukung ketersediaan fasilitas pembayaran non tunai dan/atau QRIS pada penyedia atraksi, akomodasi, pelaku usaha ekonomi kreatif, dan pelaku usaha lain yang berada di kawasan penyelenggaraan kegiatan.

Selain itu, BI berkoordinasi dengan perbankan terkait skema peminjaman modal usaha bagi usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di kawasan penyelenggaraan kegiatan.

Doddy memaparkan, BI ditunjuk sebagai koordinator showcase UMKM pada Ring 1 sebanyak 27 booth, serta keikutsertaan UMKM binaan/mitra BI se Sumut pada showcase UMKM.

Selain itu BI bersama Pemda dan stakeholder akan melakukan kurasi produk UMKM baik souvenir, aksesoris, makanan dan minuman olahan.

Pada gelaran ajang F1H2O tersebut Doddy optimis akan sangat berdampak bagi penguatan ekonomi terutama di sekitaran kawasan Danau Toba.

Pasalnya pada event tersebut  karena adanya keterlibatan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) sekitar Wilayah Danau Toba pada ajang F1H2O. Untuk itu Doddy berharap akan berdampak ke penguatan ekonomi khususnya pelaku UMKM sekitar Danau Toba.

Dijelaskan Doddy, selama penyelenggaraan event internasional ini, BI turut berperan, dengan memfasilitasi kesiapan pelaku UMKM berupa pameran produk milik mereka.

Bahkan nantinya BI berperan memfasilitasi kesiapan pelaku UMKM. Tentunya hal ini diharapkan bisa menggunakan QRIS dalam bertransaksi selama event berlangsung.

Selain itu, BI juga memfasilitasi ATM pada beberapa lokasi strategis kawasan penyelenggaraan F1 Powerboat 2023 ini.

“Total ada 172 ATM, di Balige (lokasi acara), itu ada 41 ATM, ditambah lagi ada mobile ATM. Ini cara kita untuk memastikan persediaan uang tunai berjalan lancar,” kata Doddy.

Sedangkan untuk lokasi penukaran mata uang asing dipastikan ada di tiga lokasi kegiatan F1 Powerboat tersebut, karena sebagian besar peserta merupakan perwakilan negara-negara.

Dengan adanya event ini, Doddy berharap juga dapat memancing ketertarikan pelaku industri pariwisata baik domestik maupun manca negara.

“Pada tahun ini diperkirakan setidaknya ada kunjungan sekitar 20 ribu wisatawan  sebagian besar domestik, dimana turis mancanegara sebagian besar tim atau tim member,” pungkas Doddy.

Pada BBM tersebut hadir juga Deputi Kepala BI Sumut Ibrahim, Azka Subhan Aminuridho, serta Deputi Direktur BI Sumut Poltak
Sitanggang dan pejabat BI Sumut lainnya. ( swisma)

Beri balasan

Alamat email Anda tidak akan ditampilkan.