Toke Ikan Dermawan Asal Brandan : Belanjakanlah Harta di Jalan Allah

Brandan – Usianya tak lagi muda. Namun, semangatnya menderma tak pernah surut. M Yusuf (52), Warga Jalan Sumatera Pangkalan Brandan, Kabupaten Langkat ini, dikaruniai sang Khaliq dengan hati yang selalu peka. Ia berprinsip, harta duniawi tak pernah dibawa mati.

Atas dasar hal itu lah, toke (juragan) ikan di Brandan ini selalu membelanjakan hartanya di jalan Allah. Bahkan, Toke Yusuf selalu mendukung pengusaha muda agar bisa berkembang. Harapannya, agar perekonomian di Brandan bisa semakin maju.

 

“Dah banyaklah kontribusi Toke Yusuf di Brandan ini. Seperti memasang lampu jalan, memperbaiki dan memperindah makam pahalawan yang merupakan ikon Pangkalan Brandan,” tutur Mulyono, salah seorang warga di sana.

 

Tak hanya itu, lanjut Mulyono, Yusuf juga membantu 80 persen pembangunan rumah korban kebakaran di Jalan Pelebuhan Ujung, Brandan. Ia juga ikut andil dalam pembangunan Masjid Raya Brandan.

 

Bahkan, pembangunan Masjid Raya Darussalam dan Masjid Simpang III Curam, tak terlepas dari andil kedermawanannya. Yusuf juga disebut telah membeli dan mewakafkan tanah untuk pemakaman umum di Desa Perlis.

 

“Kalau membantu fakir miskin, dah sering lah kami lihat. Toke Yusuf pun mau mendukung pengusaha – pengusaha muda, agar bisa berkembang. Tujuannya, supaya perekonomian di Brandan semakin maju,” terang Mulyono.

Untuk fasilitas umum, ambulans yang disumbangkan Toke Yusuf lah yang selalu diguankan untuk keperluan warga Brandan. “Beliau punya prinsip, belanjakanlah harta di jalan Allah. Karena, harta tak dibawa mati. Hal itu lah yang selalu di sebutkannya,” tandas Mulyono. (Ahmad)

Beri balasan

Alamat email Anda tidak akan ditampilkan.